Senin, 24 Desember 2007

Efek Rumah Kaca @ "Keep Indie Alive" & "A Different Saturday"

Sepertinya Efek Rumah Kaca emang lagi kebanjiran job manggung. Setidaknya seminggu sekali pasti ada tawaran perform buat mereka. Setelah seminggu sebelumnya [15/12/2007] maen di acara "Keep Indie Alive" yang diadain di Viky Sianipar Musik Center [venue yang sekarang jadi langganan gigs-gigs indie di Jakarta], kali ini [22/12/2007] lagi-lagi ERK manggung ditempat yang sama dalam acara yang bertajuk "A Different Saturday". Secara konsep, kedua gigs ini emang nggak beda-beda amat karena menyuguhkan pertunjukan musik dari band-band yang berbeda genre [pop, metal, rock n roll, hardcore, melodic punk, shogaze, dan lain-lain]. Yaa, setidaknya scene musik sekarang udah ngebaur lah dibandingin dulu, emang perlu acara-acara kayak gini untuk menyelamatkan keberadaan scene musik itu sendiri [respect buat Inyo dan Andito].
Keep Indie Alive, 15 Desember 2007
Di "Keep Indie Alive" ERK cuma perform empat lagu. Maen setelah Connection Blur [band yang menurut gw terinfluence oleh Sonic Youth], ERK tampil menyejukkan suasana. Dibuka dengan 'Melankolia' bikin gw nggak konsen ngeliput itu acara. Nggak ada noise-noise berisik nggak karuan kayak yang disuguhin band sebelumnya. Gw benar-benar menikmati [mungkin terlalu berlebihan klo Cholil bilang..hehe..]. Tapi ya memang begitu adanya. Suara merdu Cholil sepertinya lebih layak direkomendasikan untuk ikut ajang idol-idolan..haha..nice voice pak. Lanjut dengan lagu 'Sebelah Mata' ciptaan Adrian gw memperhatikan dengan kedua belah mata. Seperti ada interaksi secara batiniah antara lantunan vokal Cholil dengan Adrian. Sangat emosional.
Next, 'Jatuh Cinta Itu Biasa Saja' dengan sempurna mereka bawain dan menegaskan penampilan mereka malam itu tidak biasa saja. Lagu 'Di Udara' [tembang pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan mereka beberapa tahun silam] menutup penampilan mereka malam itu . Berharap ada encore satu..dua..tiga..atau empat lagu karena teriakan "Lagi! Lagi! Lagi!" dari penonton, nyatanya nggak ada. Mungkin lain kali mereka bakal tampil dengan song list yang lebih banyak.
A Different Saturday, 22 Desember 2007
Tampil di tengah-tengah band berdistorsi, nampaknya tidak menyurutkan semangat Cholil, Adrian dan Akbar untuk menyejukkan Viky Sianipar Music Center dengan buaian musik pop ala mereka. "Mudah-mudahan belom ngantuk untuk nyaksiin kita," kata akbar ke gw waktu ngobrol-ngobrol sebelum mereka tampil. ERK emang tampil cukup malem waktu itu. Harusnya perform abis Fall tapi nyatanya justru abis Killed By Butterfly. Ya, saya rasa pas lah ERK tampil setelah band-band cadas itu. ERK jadi penampil terakhir karena Dead Squad yang juga seharusnya manggung malam itu, batal karena salah satu personilnya sakit. Alhasil jatah 30 menit untuk perform tidak disia-siakan Cholil cs untuk membuai penonton dengan alunan musik pop nan cerdas. Penonton tak perlu mengeluarkan keringat dan energi lagi seperti menikmati penampilan band-band sebelumnya.
Tanpa basa-basi 'Debu-Debu Beterbangan' dilantunkan sebagai lagu pembuka. Dan lagi-lagi gw hanya duduk terdiam di pinggir stage, tepatnya di depan Adrian menghayati setiap bait yang keluar dari mulut Cholil dengan petikan gitar nan halus. Gw gak perlu mengeluarkan banyak energi untuk bisa menikmati lagu ERK. Nice..sangat inspiratif. Mendengarkan kalian membuat orang berpikir [buat orang yang punya pikiran dan mau mikir..hehe..]. Dan 'Melankolia' menjadi lagu kedua yang didendangkan ERK. Suasana riuh sebelumnya nggak gw temuin ketika ERK tampil. Yang gw perhatikan penonton menyaksikan dengan seksama dan sesekali ikut bernyanyi bersama [mudah-mudahan mereka berpikir..haha..]. 'Di Udara' adalah lagu berikutnya yang akhirnya menyadarkan teman gw bahwa lagu pop versi ERK berbeda. Dia pun terkagum-kagum..hahaha.
Selanjutnya 'Sebelah Mata', Jatuh Cinta Itu Biasa Saja', dan 'Jalang' dibawakan sebagai set list terakhir. Gw perhatiin peluh Adrian dan Cholil sesekali jatuh bercucuran saking menghayatinya mereka memainkan lagu-lagunya. Sebelumnya akbar sempet bilang klo ERK hanya akan maen enam lagu. Tapi teriakan "Lagi! Lagi!" dari penonton setelah lagu 'Jalang' kali ini digubris Cholil cs. ERK encore satu lagu. Dan 'Cinta Melulu' dimainkan sebagai lagu penutup dari mereka dan sekaligus menutup acara "A Different Saturday" malam itu. Cukup semangat. Penonton pun tersenyum sumringah untuk pulang di akhir sabtu malam. Penampilan yang ciamik dari ERK.

Tidak ada komentar: